Rabu, Juni 19, 2013
1
Apakah Jailbreak itu ?

Jailbreak bertujuan memberikan free akses atau aplikasi gratis untuk aplikasi berbayar atau pihak ke-tiga yang disediakan oleh Cydia. Aplikasi ini bisa kamu temukan pada Apple market maupun App Store. Cydia memberika pilihan download aplikasi gratis (bajakan). Hal ini sama halnya seperti memiliki App Store gratis kedua dengan lebih banyak aplikasi premium.

Cydia memberikan aplikasi Premium lengkap untuk Iphone, Ipad dan Ipod Touch dan kamu bisa memilih aplikasi yang ingin diinstall pada device dengan sangat mudah. Hal ini juga akan membuat kamu dapat bebas mengatur perangkatmu sesuai dengan yang kamu inginkan. Dengan device yang sudah terinstall cydia, kamu juga dapat dengan bebas mencari aplikasi bajakan/jailbreak di internet dan bisa menginstallnya dengan gratis.

Apa Arti Dari Untethered Jailbreak ?

Arti dari Untethered jailbreak adalah bila kamu melakukan re-boot device, maka perangkat kamu tidak akan kehilangan jailbreak yang sudah terinstall sebelumnya. Kamu tidak perlu melakukan koneksi dengan PC/Mac dan mengulang proses jailbreak lagi seperti pada versi tethered.

Apakah Jailbreak itu Legal ?

Kegiatan jailbreak maupun Unlocking pada Apple tidak pernah dilarang. Tetapi dari awal, Perusahaan Apple sudah memiliki peraturan yang ketat dan melarang penggunanya menginstall aplikasi bajakan buatan pihak luar yang tidak di otorisasi oleh Apple. Dengan jailbreak garansi kamu juga akan hangus.

Tetapi pada pertengahan tahun 2010 Apple telah mengumumkan secara resmi bahwa proses Jailbreak atau Unlocking pada Iphone diperbolehkan selama hal itu tidak melanggar aturan menyangkut hak cipta dan kamu tidak kehilangan garansi.

Bagaimanakah cara melihat versi IOS ?

Masuk ke pengaturan ~ Umum ~ Mengenai pada Iphone atau Ipad kamu, dan lihat versi IOS-nya.

Sebelum melakukan Jailbreak

Kamu harus menggunakan versi terbaru dari Itunes Mac dan PC, alangkah baiknya bila kalian mendownload iOS 5.1.1 untuk Ipad atau Iphone. Bila gagal atau menemui masalah dalam proses jailbreak, kamu bisa melakukan restore dan mencoba lagi.

Kamu bisa mendownload tools jailbreak Redsnow 0.9.15b3 untuk Mac atau PC (pada contoh berikut kita akan menggunakan Mac, dan juga terdapat cara jailbreak menggunakan PC).

Cara Jailbreak iOS 5.1.1

Koneksikan iPhone atau iPad kamu ke Mac atau ke PC. Pada saat kamu menjalankan aplikasi Redsnow. Pilih tombol ~ Jailbreak ~ dan proses jailbreak sudah berjalan otomatis untuk memulai proses jailbreak kemudian meng-install Cydia pada perangkat kamu.

Redsnow akan meminta kamu untuk masuk ke DFU mode. Kamu bisa menekan tombol NO.

Setelah kamu memilih tombol Next, maka kamu akan melihat instruksi jailbreak pada layar iPhone atau iPad.

Setelah proses jailbreak selesai, iPhone atau iPad kamu akan restart secara otomatis (hal ini normal). Lalu kamu akan melihat logo Cydia pada layar iPhone kamu.


Bagaimana Cara Meng-Install Aplikasi dari Cydia ?

Masuklah ke Cydia dan masuk ke Sources ~ Edit ~ Add alamat berikut http://cydia.hackulo.us/ kemudian kamu tekan tombol Add Source.

Setelah itu akan muncul tampilan logo Hackulo.us pada Source List. Sekarang masuklah ke Hackulo.us dan cari/install aplikasi ~ AppSync for iOS 5.0+ ~ setelah ter-install kamu bisa re-boot iPhone atau iPad kamu (tekan dan tahan tombol power, setelah matikan kemudian nyalakan kembali).

Baiklah, sepertinya kamu sudah mengerti bagaimana Cara Jailbreak Iphone. Semoga bermanfaat.

1 komentar: