Minggu, Maret 09, 2014
0
Untuk dapat berbagi akses internet dirumah, dikantor atau dimanapun yang paling mudah dan praktis adalah dengan menggunakan wifi router. Dengan koneksi wifi kita juga tidak akan diribetkan dengan penarikan kabel-kabel LAN ke masing-masing komputer atau laptop yang akan diberi akses internet. Harga perangkat router Wireless saat ini juga semakin terjangkau.

Ketika anda memasang router wifi untuk akses internet, misalnya dirumah, tentunya anda tidak ingin orang lain diluar anda dapat seenaknya akses wifi dan menghabiskan quota internet anda.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah buatlah password serumit mungkin supaya orang lain tidak mudah untuk menebak-nebak password wifi anda.

Hal kedua, apabila dirasa tidak cukup hanya menggunakan password, karena bisa saja teman anda atau keluarga anda memberi tahu orang lain passwornya, maka kita dapat menggunakan filtering dengan menggunakan MAC-Address (Media Access Control Address).

Pada setiap Wireless Router umumnya terdapat menu filtering berdasar pada MAC-Address ini. Ketika opsi ini diaktifkan biasanya terdapat dua pilihan, apakah perangkat dengan MAC Address tertentu mau di blok, atau sebaliknya mau diberi akses, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan anda. Begitu opsi ini diaktifkan maka akses ke wifi akan berdasarkan MAC Address ini.

Untuk mengetahui MAC Address pada komputer windows anda, silahkan anda masuk ke Command Prompt (Tekan tombol Windows + R) lalu kemudian ketik CMD lalu tekan ENTER. Saat di command prompt ini lalu anda ketikkan IPCONFIG/ALL kemudian tekan enter maka anda akan melihat IP Address dll. MAC Address ada pada Physical Address.





Sumber : tipstriks.com



0 komentar:

Posting Komentar